BABIES GLOW AESTHETIC CLINIC - Be Your Skin Like Babies | Official Website Penyebab Kulit Wajah Terlihat Kusam dan Gelap | BABIES GLOW AESTHETIC CLINIC
“Kulit kusam” adalah 2 kalimat yang sering digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan tekstur kulit atau warna kulit yang tidak rata. Kulit kusam dan gelap adalah keluhan yang paling sering diungkapkan oleh wanita selain kulit berjerawat dan berminyak. Kulit kusam biasanya terlihat gelap dan kurang bersinar atau kurang bercahaya layaknya kulit yang muda dan sehat.
Apa penyebab kulit kusam?

Kamu lupa melakukan eksfoliasi

Mencuci muka dua kali sehari memang penting dan sangat dianjurkan. Tapi ada satu langkah penting yang perlu kamu lakukan setidaknya sekali dalam 2 minggu yaitu, eksfoliasi.
Apa itu eksfoliasi? Eksfoliasi adalah kegiatan mengelupas sel kulit untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam dan gelap. Kamu bisa mengangkat sel kulit mati tersebut dengan menggunakan exfoliator yang terbuat dari bahan-bahan alami atau membeli produk exfoliator yang memang sudah diformulasikan untuk berbagai jenis kulit wajah.

Kamu jarang menggunakan pelembab

Toner dan pelembab adalah 2 produk perawatan wajah yang tidak boleh kamu tinggalkan. Menurut Dr. Kenneth Howe, seorang dokter kulit dari Wexler Dermatology menjelaskan, kulit yang kekurangan kelembaban atau jarang menggunakan pelembab akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.
Ia menganjurkan kita untuk menggunakan pelembab agar kandungan lipid, yaitu sejenis lemak alami kulit, bisa mengisi kesenjangan antara sel-sel kulit. Sehingga kulit pun akan menjadi lebih halus dan bersinar.

Kalau kamu sering dehidrasi, maka kulitmu juga akan merasakannya

Jarang minum atau tidak mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan tubuh akan menyebabkan kita mengalami dehidrasi. Padahal, setiap hari kita pasti akan kehilangan banyak cairan melalui urine, keringat, maupun penguapan.
Tidak hanya organ tubuh yang akan merasakan dampaknya, melainkan kulit pun akan merasakannya juga. Tidak minum dalam jumlah cukup akan menyebabkan kulit menjadi mudah keriput, kering, dan kusam.
Jadi, biasakan minum setidaknya 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dan untuk mencegah agar kulit tidak menjadi kusam.

Stres

Mungkin tidak banyak diantara kamu yang menyangka bahwa stres adalah faktor lain yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan terlihat gelap. Tapi menurut ahli kesehatan bernama Dr Luftman, ia meyakinkan kita bahwa stres ternyata dapat menyebabkan peningkatan hormon kortisol yang akan mempengaruhi dua hal penting yaitu, aliran darah ke kulit dan proses regenerasi sel kulit.

Kamu nggak makan makanan yang sehat

Kamu pasti sering mendengar istilah yang mengatakan, “Kamu adalah apa yang kamu makan.” Istilah tersebut benar adanya, karena apapun yang masuk ke dalam tubuh kita akan tercermin di kulit kita. Jadi kalau kamu terbiasa mengkonsumsi makanan tidak sehat, maka kulit maupun akan menjadi tidak sehat.
Mulai saat ini, ubah kebiasaan makanmu. pilihlah makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sumber protein.