BABIES GLOW AESTHETIC CLINIC - Be Your Skin Like Babies | Official Website Perbedaan Cream Wajah dan Tips Membeli Cream Terbaik | BABIES GLOW AESTHETIC CLINIC
Sebagian kamu mungkin pernah bertanya-tanya, apa sih perbedaan antara day cream (krim siang) dan night cream (krim malam)?
Perbedaan kedua cream wajah tersebut terletak pada bahan yang digunakannya dan fungsinya. Day cream biasanya diformulasikan untuk menghidrasi kulit dan mencegah tan akibat sengatan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menghitam. Sedangkan cream malam biasanya diformulasikan untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus.

Perbedaan bahan dasar day cream dan night cream

Seorang ahli dermatologist bernama Shefali Trasi menjelaskan, perbedaan antara bahan yang terkandung di dalam day cream dan night cream, yaitu:
Cream siang biasanya mengandung pelembab dan bahan peptida yang bisa membantu regenerasi sel kulit. Selain itu terdapat juga agen pencerah kulit seperti licorice, vitamin C, arbutin, tabir surya (SPF), dan kojic.
Sedangkan cream malam biasanya diformulasikan dengan berbagai bahan yang dikombinasikan untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Namun sebagian besar cream malam mengandung retinol yang berfungsi sebagai anti aging.

Bagaimana cara kerja kedua cream tersebut?

Day cream akan memelihara dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, menggunakan day cream yang dilengkapi dengan SPF adalah pilihan wajib. Karena day cream yang dilengkapi dengan SPF bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar ultraviolet.
Day cream juga biasanya diformulasikan tanpa minyak (non-greasy) sehingga lebih stabil dan tahan lama saat dijadikan sebagai dasaran make up. Itulah sebabnya day cream bisa dimanfaatkan sebagai pengganti foundation.
Di sisi lain, cream malam sangat bermanfaat untuk membantu meremajakan sel, memperbaiki jaringan yang rusak, serta melembabkan kulit. Secara khusus, cream malam memang diciptakan untuk melawan penuaan dan untuk meremajakan sel-sel kulit. Kirim ini biasanya sedikit lebih berbobot dari segi kandungan. Senyawa yang terdapat di dalamnya rata-rata bisa menembus hingga ke lapisan kulit terdalam.

Tips membeli cream wajah

Jika suatu saat kamu tertarik membeli cream wajah, pastikan kamu memilih cream yang dilengkapi dengan bahan-bahan yang ringan seperti: vitamin C, licorice, arbutin, atau kojic. Sebaliknya, hindari cream wajah yang bahan dasarnya adalah: hidroquinon dan asam glikolat, karena biasanya cream tersebut rentan membuat kulit mengalami iritasi dan pigmentasi apabila terpapar sinar matahari.